Tahun 2020 ini Pembangunan Bendung Karet Dimulai

Tahun 2020 ini Pembangunan Bendung Karet Dimulai

0
867
Kabupaten Kendal bakal segera memiliki Bendung Karet. Pasalnya bendungan yang berada di Kali Blorong itu pada tahun 2020 ini mulai dibangun. Lokasinya berada di Desa Turunrejo Kecamatan Brangsong, dengan posisi dari laut sekitar 2,5 km ke arah Selatan dan dari jalan raya Pantura sekitar 4 km ke arah Utara.

Kepala Dinas PUPR Kendal, Ir. Sugiono mengatakan, Bendung Karet merupakan Kali Blorong yang dibendung  sepanjang 7 kilometer. Bendubgan tersebut terbuat dari karet yang bisa dikempeskan. Bendung tersebut berfungsi untuk menghalangi interupsi air laut supaya airnya tidak asin. Pada saat kondisi sungainya banjir, maka Bendung Karet akan dikempeskan. “Manfat Bendung Karet itu sebagai pengendali banjir dan menampung air baku untuk digunakan masyarakat dan keperluan industri,” katanya.
Dikatakan, kapasitas Bendung Karet itu 250 liter per detik, sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan air baku bagi masyarakat dan keperluan industri.
Dengan adanya Bendung Karet, maka air Sungai Blorong pada saat musim kemarau bisa tertampung. “Industri atau pabrik-pabrik yang berada di kawasan bisa tercukupi kebutuhan airnya  dari Bendung Karet itu,” ujarnya.
Sugiono mengatakan, anggaran untuk pembangunan Bendung Karet berasal dari pemerintah pusat sebeaar 250 miliar. Pembangunan Bendung karet juga sudah dapat izin dari PSDA Provinsi. Jawa Tengah. “Pembangunannya selesai dalam waktu 2 tahun dan untuk mendukung adanga Bendung Karet, maka normalisasi Kali Blorong sudah dilakukan.sejak tahun lalu,” pungkasnya.