Tanggul di Desa Blorok Jebol, Puluhan Rumah Terendam Banjir

Tanggul di Desa Blorok Jebol, Puluhan Rumah Terendam Banjir

0
166

Jalan tanggul di Desa Blorok Kecamatan Brangsong jebol diterjang arus banjir Sungai Aji, Jumat (18/12/2020) sekitar pukul 16.00 WIB. Tanggul yang jebol sepanjang 5 meter membanjiri puluhan rumah yang berada di bawah tanggul. Akses jalan penghubung menuju Desa Sukomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan pun menjadi terputus. 

Jebolnya tanggul akibat curah hujan, sehingga arus sungai yang deras menjebol tanggul yang kondisinya sudah terkikis. Menurut, Agus, warga sekitar, kondisi tanggul sudah sempat ambrol namun diperbaiki seadanya, bahkan sudah dilaporkan namun belum ditangani.  “Tanggul itu sebagian sudah ada yang rusak terkikis air sungai dan sudah dilaporkan supaya diperbaiki,” katanya.

Luapan air sungai yang menerjang puluhan rumah mengalir deras ke area persawahan yang berada di belakang rumah warga. Sekitar pukul 17.00 rumah-rumah warga yang terkena banjir sudah surut kembali. Warga bersama petugas dari BPBD dan Kodim 0715 Kendal segera melakukan penanganan darurat menutup tanggul yang jebol. 

Dandim 0715 Kendal, Letkol Inf. Iman Widhiarto mengatakan, penanganan darurat yang segera dilakukan menutup tanggul yang jebol dengan bambu untuk menahan arus sungai, jika terjadi banjir. Untuk perbaikan selanjutnya akan dilakukan esok hari menggunakan alat berat eskavator. “Kami sudah menghubungi pihak Dinas PUPR Kendal untuk meminta bantuan eskavator, malam ini juga akan datang, namun penanganannya besok pagi,” jelasnya.

Kepala Desa Blorok, Kalimi mengatakan, ada sekitar 30 rumah yang terkena banjir. Tidak ada warga yang mengungsi, karena kondisi air sudah surut. “Kondisi rumah warga yang terkena banjir sudah surut dan bisa ditempati, sehingga tidak jadi membuat dapur umum,” ujarnya.