Teater Atmosfer Kendal Sabtu Besok Gelar Pementasan Teater

Teater Atmosfer Kendal gelar pementasan teater

0
1118
Teater Atmosfer Kendal kembali menggelar pementasan teater. Kegiatan dari kelompok teater yang masih belia di Kendal ini dikemas dalam gelaran Barang Bukti Teater Parade #4 yang akan diadakan pada Sabtu, 20 Januari 2018 di Balai Kesenian Remaja (BKR), atau di belakang GOR Bahurekso Kendal.

“Teater Atmosfer, kali ini akan menyuguhkan pementasan lakon berjudul Di Bawah Bayang-Bayang Pohon Bakau karya Wahyudin, dengan sutradara Tri Setyaningsih,” tutur Rian Permana, Lurah Teater Atmosfer.

Menurut Rian, proses penggarapan lakon ini cukup menghabiskan waktu lama, hampir setahun. Mengingat para pegiatnya, para pemainnya bukan lagi siswa atau mahasiswa semata. Namun sudah banyak yang sudah bekerja dan pula berkeluarga. Maka harus pandai-pandai menentukan dan menemukan jadwal latihan. Cukup kompleks persoalan yanh dihadapi kelompok teater umum yang dikomandoinya. Tidak hanya persoalan yang dibeberkan tadi saja. Namun, persoalan ruang dan fasilitas berproses pun menjadi sesuatu yang cukup melelahkan. Namun segala itu pelan-pelan berupaya ditepis atas semangat bersama.
“Ini merupakan kelompok teater umum, maka sudah pasti banyak permasalahan dan kendala yang kami hadapi. Para aktor, pemain kami pun kerap bongkar-pasang. Gonta-ganti pemain berkali-kali, karena ada yang tumbang di tengah jalan karena sesuatu hal, karena kesibukan, kerja, dan lain sebagainya. Namin segala itu tidak membuat kami surut untuk berkreativitas,” ungkap Rian, salah seorang aktor monolog yang kini tengah berupaya merampungkan kuliahnya di Universitas Semarang.
Menurut Akhmad Sofyan Hadi, direktur artistik Jarak Dekat, semua yang dilakukan oleh anggotanya mengalir beitu saja. Yang pasti, kreativitas tidak boleh terhalang apa pun. Mereka semua menunggu kehadiran masyarakat luas Kendal, anak-anak muda, siswa, mahasiswa, atau siapa saja. Agar berkenan hadir untuk turut merayakan gelaran parade teater yang akan terselenggara akhir pekan ini.
“Ya, kami lakukan begini adanya. Yang pasti, apa pun yang ada di hadapan kami, harus menjadi sesuatu. Harus mampu kami gerakkan, kami kendalikan dengan sepenuh spirit berkarya kami. Tak perlu risau dengan keterbatasan ruang, fasilitas, dan lainnya. Lha mau bagaimana lagi, mau di mana lagi, adanya gedung sempit ini. Adanya pula gedung yang nyaris air dan listriknya disegel ini. Padahal kami kerap berupaya meramaikan, dengan aktivitas-aktivitas anak muda, tentu kerja kreatif yang positif,” imbuhnya.
Selain ada pementasan lakon dari Teater Atmosfer, ada pula pementasan pantomim dari Teater Talank SMA N 1 Kaliwungu, musikalisasi puisi dari Paradoks, serta pembacaan puisi. Pementasan akan diselenggarakan dalam dua sesi, yakni sore hari pukul 15.00 WIB dan malam hari pukul 18.00 WIB. “Mari kita rayakan bersama demi kemuliaan bersama,”ucapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.