Tempat Isolasi Terpusat di Desa Cepiring Dilengkapi Tabung Oksigen

Tempat Isolasi Terpusat di Desa Cepiring Dilengkapi Tabung Oksigen

0
60

Swarakendal.com : Tempat isolasi terpusat di Desa Cepiring Kendal dilengkapi dengan 4 tabung oksigen berukuran sedang. Hal ini untuk mengantisipasi kebutuhan oksigen bagi warga penghuni tempat isolasi yang membutuhkan. Pasalnya, di tempat isolasi yang memanfaatkan gedung sekolah dasar itu ada satu ruang yang khusus untuk warga yang tidak bisa dibawa ke rumah sakit akibat ruang rumah sakit penuh. 

Kepala Desa Cepiring, Ayek Achmad mengatakan, ada 7 ruang kelas yang digunakan untuk tempat isolasi, yang satu ruang di antaranya khusus untuk pasien yang bergejala sesak nafas yang dilengkapi tabung oksigen. Segala kebutuhan makanan, obat-obatan dan vitamin sudah tercukupi. Tiap hari selama 24 jam dijaga oleh petugas kesehatan, perangkat desa dan relawan. “Kalau pagi sampai sore dijaga oleh bidan desa, sedangkan untuk tugas malam hari ada perawat yang menjadi relawan,” katanya, Rabu (7/7/2021).


Bidan Desa Cepiring, Isti Khoiriyah mengatakan, tempat isolasi terpusat ini dilengkapi peralatan kesehatan, seperti termometer, tensimeter, oksimeter dan pakaian APD. Selain itu juga dilengkapi 4 tabung oksigen bantuan dari Pabrik Gula PT IGN Cepiring yang selalu dijaga stok isinya. “Kalau stoknya menipis, langsung dibawa ke pabrik tempat mengisi oksigen di PT Samator Kaliwungu atau minta diisi di Rumah Sakit Daerah dr Soewondo Kendal,” katanya.


Selain kebutuhan makanan dan obat-obatan, ruang isolasi juga dilengkapi dengan perlengkapan tidur, peralatan makan, dan televisi sebagai sarana hiburan. 


Dandim 0715/Kendal Letkol Inf. Iman Widiarto mengapresiasi kepada pihak desa yang telah bekerja keras dengan tulus, sehingga masyarakat dengan kesadaran sendiri bersedia menjalani iso di tempat terpusat. Tidak mudah untuk membujuk masyarakat, jika kepala desa dan perangkat tidak memberi contoh tauladan. “Saya salut dengan kepala desa di sini yang benar-benar memberi contoh, sehingga masyarakat pun mencontohnya,” ujarnya.