Tempat Wisata di Kendal yang sudah Buka makin Bertambah

Tempat Wisata di Kendal yang sudah Buka makin Bertambah

0
36

Swarakendal.com : Tempat wisata di Kabupaten Kendal yang sudah beroperasi kembali semakin bertambah. Namun harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Melalui Dinas Pariwisata, pengelola tempat wisata harus mengajukan izin terlebih dulu, sebelum membuka tempat wisatanya.

Plt Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan, pada prinsipnya, tempat-tempat wisata di Kabupaten sudah diperbolehkan untuk beroperasi kembali. Namun, tempat wisata yang sudah siap beroperasi harus memenuhi persyaratan yang ada, terutama tentang penerapan protokol kesehatan. Untuk itu, sebelum beroperasi, harus  mengajukan izin terlebih dulu atau pemberitahuan yang dilengkapi lampiran data periksa yang dipersyaratkan.

“Pada prinsipnya tempat wisata sudah diperbolehkan untuk buka, namun harus ada pemberitahuan dengan melampirkan daftar periksa yang dipersyaratkan. Jika daftar periksa itu sudah memenuhi, maka boleh buka. Daftar periksa itu antara lain ada SOP, ada Satgas Wisata, reservasi online, pendaftaran aplikasi peduli lindungi, sarana-prasarana pencegahan Covid, seperti tempat cuci tangan, thermogun, beserta skema yang dilakukan,” jelasnya.

Penjaga wisata Pantai Sendang Asih, Ahmad Toto Hariyanto mengatakan, penerapan protokol kesehatan di tempat wisata merupakan suatu keharusan. Hal ini untuk mencegah terjadinya klaster penyebaran Covid-19 di tempat-tempat wisata. “Pengunjung wajib memakai masker dan menunjukkan surat vaksin, karena kesehatan ini untuk melindungi masyarakat,” ujarnya.

Wisata Pantai Sendang Asih yang berada di Kecamatan Rowosari memiliki pesona pantai yang sejuk dan indah. Di sepanjang pantai banyak pohon cemara yang membikin kondisi pantai tetapi sejuk. Pemandangan alam tidak hanya laut, tetapi ada muara sungai yang bisa dijadikan tempat untuk memancing. Selain itu, juga ada Sendang yang membikin kondisi pantai tampak lebih indah.

Saat ini sudah lebih dari 10 tempat wisata di Kendal yang sudah beroperasi kembali, termasuk tempat wisata desa yang dikelola oleh Bumdes. Masyarakat pun cukup antusias dengan dibukanya kembali tempat wisata, sehingga tempat-tempat wisata yang sudah beroperasi selalu ramai dikunjungi.