Tim Kadarkum Kendal Siap Maju ke Lomba Tingkat Nasional

1
483

Tim Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) dari PKK Kab Kendal mulai mempersiapkan untuk lomba Kadarkum tingkat nasional 2016. Menurut Ketua TP PKK Kab Kendal Erna Ibnu Darmawan, Tim Kadarkum Kendal akan mewakili Provinsi Jateng pada Lomba Kadarkum tingkat nasional yang akan berlangsung awal Agustus mendatang. “Sudah ada pemberitahuan dari Provinsi dan segera melakukan persiapan,”katanya.

Tim yang terdiri dari lima personil yaitu M Mustafidin, Sri Wahyuningsih, Ibnu Khajar, Nazilatun Nikmah dan Ani Ngudiasih merupakan gabungan dari tim PKK Kec Kangkung dan Pegandon. Tim ini berhasil meraih juara 1 Lomba Kadarkum tingkat Jateng pada 24 Mei 2016. Sebenarnya pada lomba Kadarkum tingkat Kab Kendal, juaranya adalah tim dari TP PKK Kec Kangkung, tapi pada lomba tingkat Jateng diambilkan anggota dari kecamatan lain. “Anggota tim tidak semua dari Kec Kangkung, tapi ada yang dari Pegandon, karena ingin yang terbaik,”katanya.

Latihan pendalaman materi dilakukan tiap hari Selasa dan Jumat dengan bimbingan dari Bagian Hukum Setda Kendal dan TP PKK Kab Kendal. Materinya meliputi Undang-Undang Perlindungan Anak, UU Lalulintas, UU Perdagangan orang, Bahaya Narkoba. “Mereka harus menguasai materi, sehingga hafalannya harus kuat. Mereka itu ada yang hafal Al Quran dan guru,”ujarnya.

Ny Erna mengatakan, tim ini akan diikutkan dalam penyuluhan atau sosialisasi tentang undang-undang tersebut. Mereka merupakan  kader terbaik, sehingga diharapkan bisa menjadi contoh bagi masyarakat supaya taat hukum.

Ketua DPRD Kendal Prapto Utno mengatakan upaya PKK dalam mencetak Kadarkum sangat bagus. Pasalnya ibu-ibu PKK merupakan tulang punggung dalam keluarga.  “Jika ibu-ibu melek hukum, maka dampaknya akan lebih baik dalam keluarga,”katanya.