TP PKK Kabupaten Kendal Gerakkan Puskesmas dan PKK Kecamatan Aktif Cegah Stunting

TP PKK Kabupaten Kendal Gerakkan Puskesmas dan PKK Kecamatan Aktif Cegah Stunting

0
101

Swarakendal.com : Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal menggerakan seluruh puskesmas bersama PKK kecamatan dan desa untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Kendal. Sebagai bekal untuk menambah pengetahuan tentang stunting, Ketua TP PKK Kabupaten Kendal, Chacha Frederica mengundang praktisi kesehatan dr Mesty Ariotejdjo secara daring. Acara ini diikuti oleh semua puskesmas dan PKK di tingkat kecamatan.  


Pada kesempatan itu istri Bupati Kendal Dico M Ganinduto mempersilahkan kepada seluruh peserta untuk bertanya atau sharing dengan dr. Mesty tentang masalah gizi pada anak, khususnya stunting. Acara yang digelar melalui zoom meeting dipandu dari Ruang Ngesti Widhi pada Rabu (9/6/2021).  

Dr Mesty mengungkapkan, pertumbuhan anak tidak hanya dilihat dari berat badan, tetapi juga tinggi badan. Pasalnya, tinggi badan anak adalah salah satu faktor yang menandai stunting dan menjadi penanda kondisi gizi anak.  “Selama ini perkembangan anak hanya dilihat melalui grafik pertumbuhan yang ada di tingkat posyandu,” katanya.

Dikatakan, sebenarnya sudah telat jika mencegah stunting setelah anak lahir, karena kondisi anak juga ditentukan oleh kondisi ibu ketika hamil. Oleh karena itu, ibu hamil harus memperhatikan kebutuhan gizinya. “Ibu hamil harus menjaga kondisinya supaya optimal, tidak gizi buruk, tidak anemia dan gizinya cukup,” ujarnya. 


Sementara itu Chacha menjelaskan, acara digelar untuk memberikan tambahan pengetahuan tentang stunting.  Rencananya akan ada zoommeeting lainnya dengan mengundang beberapa pakar untuk memenuhi pengetahuan soal stunting.Cha Cha dan timnya juga akan melaksanakan door to door agar data stunting yang ada di Kendal benar-benar nyata. Dengan demikian akan diketahui data yang valid.  “Memang membutuhkan waktu dan tenaga, namun kita tetap optimis,” ucapnya.