Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Kendal Hampir 100 Persen

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Kendal Hampir 100 Persen

0
35

Swarakendal.com : Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Kendal sampai hari Kamis 13 Januari 2022 sudah mencapai 85 persen lebih. Jumlah total sasaran anak yang divaksin sebanyak 95 ribu anak, yang meliputi anak SD, MI dan anak-anak di lingkungan pondok pesantren. Pelaksanaan vaksinasi anak mulai digencarkan melalui masing-masing puskesmas yang melakukan jemput bola vaksinasi di sekolah-sekolah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Parno pada Kamis 13 Januari 2022 mengatakan, pelaksanaan vaksinasi anak di Kabupaten Kendal ditargetkan selesai seratus persen sampai 15 Januari mendatang. Percepatan vaksinasi anak, selain digencarkan melalui masing-masing puskesmas, juga dibantu program vaksinasi dari Polri, TNI dan BIN Daerah Jawa Tengah. Sampai hari ini sudah mencapai 85 persen lebih, bahkan sebagian puskesmas sudah selesai melaksanakan vaksinasi anak seratus persen. “Untuk vaksinasi anak ini kita dibantu TNI, Polri, juga dari BIN bekerjasama untuk mempercepat vaksinasi anak usia 6-11 tahun dan ditarget tanggal 15 Januari sudah selesai,” katanya.

Nur Khuroirayah, Koordinator Vaksinasi Tim 2 UPTD Puskesmas Kendal 2 mengatakan, untuk Puskesmas Kendal 2 jumlah total sasaran anak yang divaksin sebanyak 2.613 anak. Vaksinasi yang dilakukan di sekolah-sekolah, secara umum sudah selesai. Selanjutnya pada Jumat 14 Januari akan menghabiskan anak-anak yang sempat tertunda, yang pelaksanaannya akan dipusatkan di puskesmas. “Terakhirnya sekarang tanggal 13 Januari, terus yang ditunda untuk yang sakit-sakit besok pagi dikumpulkan di puskesmas,” ujarnya.

Vaksinasi anak ini diharapkan bisa menciptakan  kekebalan kelompok, sehingga pembelajaran tatap muka di sekolah dapat berjalan dengan aman dan lancar.