Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kendal sudah Lampaui 60 Persen

Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kendal sudah Lampaui 60 Persen

0
34

Swarakendal.com : Jumlah warga Kabupaten yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 hingga kini sudah mencapai 480.000 orang atau sekitar 60 persen dari jumlah penduduk yang menjadi sasaran vaksinasi. Sementara stok vaksin yang ada sebanyak 275.277 dosis yang lebih dari cukup untuk memenuhi target 70 persen. 

“Target 70 persen bisa terpenuhi di bulan Oktober ini. Apalagi target 26.000 per hari sudah turun di angka 11.000-13.000, bahkan 8.000 per harinya, karena Sasarannya semakin berkurang,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal, Ferinando RAD Bonay, saat ditemui di kantornya, Kamis (7/10/2021) sore.

Ferinando mengatakan, masih ada masyarakat tidak mau divaksin, namun jumlahnya sangat kecil. Selain itu juga ada yang enggan divaksin menggunakan vaksin sinovac, dan memilih vaksin  moderna, pfizer atau astrazeneca, sehingga tidak mau datang, ketika ada kegiatan vaksinasi dengan vaksin sinovac. 


“Ada beberapa orang juga yang tanya ke kami, pak, kami mau divaksin tapi yang moderna. Ada juga yang inginnya divaksin pfizer. Alasannya kalau pakai vaksin Sinovak tidak diterima di luar negeri. Itu anggapan mereka,” tukas Ferinando.


Dinas Kesehatan sendiri kini telah membagikan berbagai jenis vaksin ke semua puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya. Dengan demikian, masyarakat bisa mendapatkan vaksin adalah vaksin yang diinginkan. 


“Masyarakat yang tidak mau vaksin sinovac yang anggapannya tak bisa diterima di luar negeri, maka bisa menggunakan vaksin pfizer. Stok pfizer ada 70.000 dosis,” jelas Ferinando. 

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, percepatan target vaksinasi ini berkat kerjasama dan sinergitas dengan semua pihak, seperti Polres Kendal dan Kodim 0715 Kendal. Gerakan Polres Kendal yang melakukan program vaksinasi malam hari sangat membantu percepatan vaksinasi. Demikian pula Kodim 0715 Kendal yang menyasar vaksinasi di wilayah kecamatan yang pencapaiannya masih rendah juga membantu percepatan vaksinasi. 

“Kita kolaborasi seluruh pihak, seluruh stakeholder dari tingkat pemerintah kabupaten, seluruh Forkopimda dan juga sampai tingkat kecamatan hingga tingkat desa. Setiap hari tidak pernah lepas dari rapat terkait pengendalian dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Kendal,” jelasnya.

Keberhasilan ini berkat kerja sama dan kekompakan yang baik, dengan menghilangkan ego sektoral. Hal ini semata-mata untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat terkait penanganan dan pengendalian Covid-19.