Hebat! Warga Dusun Jiwan Desa Blumah Plantungan Bikin Bak Penampungan Air Secara Swadaya

0
1574

Warga di Dusun Jiwan Desa Blumah Kecamatan Plantungan secara swadaya membangun bak penampungan air. Pasalnya, dua bak penampungan air yang selama ini digunakan warga, sudah tidak bisa untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga semua warga. Mahrus, warga setempat mengatakan, warga sudah tidak sabar, karena sudah 3 tahun ini kesulitan air bersih. “Air yang ada hanya sebatas untuk keperluan memasak saja, sedangkan untuk keperluan mencuci dan mandi warga terpaksa pergi ke sungai terdekat,”katanya.

Kepala Dusun Jiwan, Paryudi mengatakan, sebenarnya sudah ada dua bak penampungan di dusun sini yang biasa digunakan warga sehari-hari. Namun, aliran air tidak seperti yang diharapkan untuk mencukupi sebanyak 300 jiwa dari 100 KK. Sehingga warga gotong-royong secara swadaya membangun bak penampungan baru. “Secara swadaya, warga membangun bak penampungan baru yang tiap KK mengeluarkan biaya Rp 500 ribu. Namun yang iuran hanya 60 KK yang selama ini tidak bisa menikmati kebutuhan air bersih,”katanya

Kegiatan pembuatan bak penampungan baru ini dilakukan oleh warga secara gotong royong dengan dibantu anggota TNI Koramil 09 Plantungan. Rencananya, setelah selesai pengecoran, warga akan menggali saluran air menggunakan pralon sepanjang 500 meter dari pusat sumber mata air.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.